Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Emudeck di Windows

Cara Setup Emudeck di Windows

Cara Install Emudeck di Windows


 Pengguna Steam Deck mungkin sudah tidak asing lagi dengan Emudeck. Ini adalah pengelola game yang memudahkan untuk menginstal, mengkonfigurasi, dan memainkan semua game retro yang kami miliki.

Setelah sekian lama dinanti, akhirnya Emudeck merilis versi Windows yang bisa kita gunakan di berbagai perangkat seperti laptop, PC, ROG Ally, Legion GO, dan masih banyak lagi.



Berikut cara install Emudeck di Windows.


Langkah 1 Instal Emudeck

Silakan kunjungi situs resmi Emudeck dan unduh versi Windows.

Setelah diunduh, jalankan file untuk membuka jendela terminal dan ikuti langkah-langkah untuk menginstal Emudeck


Langkah 2 Konfigurasikan Emudeck

Awalnya, pilih Mode Kustom lalu pilih Continue

Selanjutnya, pilih direktori penyimpanan ROM game yang ingin Anda mainkan dan pilih Lanjutkan.

Setelah itu, pilih perangkat yang akan digunakan dan pilih Next.

Selanjutnya silahkan pilih emulator yang ingin kamu install di Emudeck.

Setelah Kamu memilih emulator yang diinginkan, lanjutkan pengaturan jika diinginkan dan pilih Selesai


Langkah 3 Tambahkan BIOS

Setelah semua emulator terinstal, kita harus menambahkan BIOS untuk menggunakan emulator. BIOS untuk setiap emulator dapat di-dump dari konsol yang Anda miliki, atau Anda dapat mendownload paket BIOS minimal di bawah.

https://www.mediafire.com/file/4dkwf8mtect9kt6/BP.7z/file

Setelah mendownload, silakan gunakan 7Zip untuk unzip BIOS dan copy file BIOS ke direktori data emudeck.

Selanjutnya masuk lagi ke emudeck dan pilih BIOS Checker, lalu pastikan semuanya sudah tercentang


Langkah 4 Tambahkan Game

Silakan masuk ke drive D (direktori yang dipilih) lalu masuk ke folder emulation dan masuk ke folder ROMs

Setelah itu tinggal letakkan ROM game tersebut ke dalam folder masing-masing sesuai keinginan.

Lihat Emudeck Wiki untuk format permainan.

Setelah menambahkan game, silakan restart emudeck


FAQs

Q: Apakah EmuDeck aman untuk diinstal? A: Ya! EmuDeck sebenarnya tidak diinstal pada sistem Anda. Ini mengunduh dan menginstal emulator menggunakan sumber yang sama yang akan Anda gunakan jika Anda menginstalnya secara manual. EmuDeck mengkonfigurasi emulator-emulator ini dan membuat direktori folder yang mudah digunakan untuk menyederhanakan proses pengaturan.

Q: Apakah saya memerlukan akses sudo / root? A: Tidak pada SteamOS atau ChimeraOS. EmuDeck memungkinkan Anda untuk menginstal plugin seperti PowerTools yang akan memungkinkan Anda mengelola pengaturan kinerja. Alat-alat ini memang memerlukan Anda untuk mengatur kata sandi sudo, tetapi mereka sepenuhnya opsional. Di Linux, Anda akan memerlukan kata sandi sudo Anda untuk menginstal semua dependensi kami.

Q: Apa dependensi Linux-nya? DEBIAN_DEPS="jq zenity flatpak unzip bash libfuse2 git rsync whiptail" ARCH_DEPS="steam jq zenity flatpak unzip bash fuse2 git rsync whiptail" FEDORA_DEPS="jq zenity flatpak unzip bash fuse git rsync whiptail" SUSE_DEPS="steam jq zenity flatpak unzip bash libfuse2 git rsync whiptail" VOID_DEPS="steam jq zenity flatpak unzip bash fuse git rsync whiptail"

Q: Bagaimana dengan Windows atau Android? A: EmuDeck untuk Windows sedang dalam tahap uji coba beta saat ini. Android juga sedang dalam pengembangan.

Q: Apakah Anda menggunakan RetroArch dari toko Discover atau dari Steam? A: Saat ini, EmuDeck hanya mendukung penggunaan RetroArch dari toko Discover.

Q: Apakah Anda berencana untuk merilis Flatpak? A: Sayangnya, membuat EmuDeck Flatpak tidak mungkin saat ini. Flatpak memiliki beberapa batasan yang akan mencegah EmuDeck berfungsi seperti yang diinginkan.

Q: Bagaimana cara mendapatkan pemberitahuan tentang pembaruan baru? A: Anda dapat bergabung dengan Discord EmuDeck, dan tim EmuDeck akan mengumumkan kapan pembaruan baru tersedia. Untuk memperbarui EmuDeck, cukup jalankan aplikasi dari desktop Anda dan aplikasi akan memperbarui dirinya sendiri saat diluncurkan. Ikuti EmuDeck di Twitter atau bergabung dengan Discord EmuDeck.

Q: Apakah ada lembar kiat Hotkeys untuk berbagai emulator? A: Tentu, kunjungi Wiki EmuDeck untuk lembar kiat yang lebih rinci!

Q: Apa yang diinstal oleh EmuDeck? A: Daftar Proyek yang diinstal oleh EmuDeck.

Q: Saya mengalami masalah menjalankan beberapa game. Apa yang bisa saya lakukan? A: Bergabunglah dengan Discord EmuDeck atau lihat Wiki EmuDeck.

Posting Komentar untuk "Cara Install Emudeck di Windows"